Laporan PKL Teknik Elektro


LAPORAN KERJA PRAKTEK

Maudownload Comot Aja Disini

  




SISTEM KONTROL CONVEYOR RECLAMING
(54-JD 3006 s.d 3008 M)
DI  PT. PUPUK ISKANDAR MUDA



Diajukan untuk melengkapi sebagai dari
syarat-syarat Akademik yang diperlukan pada
Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh


Tanggal 02 Januari sampai dengan 28 Februari 2011




DISUSUN OLEH:

RUSLAN DANI
NIM : 070150021




JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS MALIKUSSALEH
LHOKSEUMAWE
2010





BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
PT.Pupuk Iskandar Muda (PT.PIM) adalah salah satu pabrik yang memproduksi urea, seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia adalah Negara agraris yang sebagian besar pencahariannya adalah pertanian. Diantara cara-cara tersebut adalah dengan cara mengadakan intensifikasi lahan pertanian adalah pemberian pupuk, maka pemerintah kita berusaha mendirikan indutri-industri pupuk.
Industri pupuk termasuk industri kimia dasar dalam mengubah bahan mentah  menjadi bahan baku dasar dan bahan jadi, Industri pupuk juga  harus dikelola sebagai suatu unit ekonomi (Busines Unit) yang beroperasi dengan tujuan untuk memperoleh laba, Disamping itu juga membantu para pengusaha ekonomi lemah dengan cara :
-  Meningkatkan dan meluaskan lapangan kerja
-  Mengembangkan kemampuan-kemampuan industri kecil

1.2        Rumusan Masalah
Pembahasan laporan Kerja Praktek ini adalah Sistem Kontrol Conveyor Reclaming (54-JD3006 M s.d 54-JD3008 M) di PT.Pupuk Iskandar Muda Krueng Geukueh Aceh Utara.
1.3    Tujuan
Adapun Tujuan penulis dari kerja praktek ini adalah:
Ø Untuk mengetahui prinsip kerja dari Sistem kontrol Conveyor Reclaming.
Ø Untuk memenuhi salah satu kewajiban setiap mahasiswa/i strata satu (S1) Jurusan Teknik Elektro Universitas Malikussaleh Lhokseumawe.
Masih Ada sambungan Download aja diatas Link Nya.


BAB II
PROFIL PERUSAHAAN


2.1  URAIAN UMUM
            Dengan adanya kandungan gas alam yang terdapat di Kabupaten Aceh Utara dan tersedianya lokasi yang strategis di daerah pantai serta adanya jalan raya yang melintasi daerah ini, maka daerah ini sangat menunjang bagi pertumbuhan industri besar dan kecil terutama yang menggunakan sumber daya alam yang berupa gas alam dan hasil hutan sebagai bahan baku industri kecil, maupun industri-industri keterkaitannya dengan industri hilir. Pupuk urea merupakan salah satu produk strategis yang sangat penting peranannya dalam menunjang produksi pertanian.
Masih Ada sambungan Download aja diatas Link Nya.


BAB III
DASAR TEORI

3.1       Motor - motor Listrik
3.1.1    MOTOR INDUKSI
Motor induksi merupakan motor arus bolak balik yang paling luas dugunakan penamaannyabrasal dari kenyataan bahwa arus rotor motor ini bukan diperoleh dari sumber tertentu tapi merupakan arus terinduksi sebagai akibat adanya perbedaan relatif antara putaran rotor dengan medan putar yang dihasilkan oleh arus stator.
Belitan stator yang dihubungkan dengan suatu sumber tegangan tiga fasa akan menghasilkan medan magnet yang berputar dengan kecepatan sinkron (ns=120.f / 2p). Medan putar stator tersebut akan memotong konduktor pada rotor sehingga terinduksi arus dan sesuai dengan hukum Lentz, rotorpun berputar mengikuti medan putar stator. Perbedaan putaran relatif antara rotor dan stator disebut slip. Bertambahnya beban akan memperbesar kopel motor yang oleh karenanya akan memperbesar arus induksi pada rotor, sehingga slip antara medan putar stator dan putaran rotor akan bertambah besar, jadi bila beban motor bertambah putaran rotor cendrung menurun. Dikenal dua tipe motor induksi yaitu motor induksi dengan rotor belitan dan motor induksi dengan rotor sangkar (Gambar 3.1)
Masih Ada sambungan Download aja diatas Link Nya.


BAB IV
SISTEM KONTROL CONVEYOR RECLAMING
(54-JD 3006 M s.d 54-JD 3008 M)
DI  PT. PUPUK ISKANDAR MUDA

4.1         Umum
Prinsip Kerja Sebuah sabuk konveyor (conveyor belt) terdiri dari dua atau lebih puli, dengan loop kontinyu dari material - ban berjalan - yang berputar tentang mereka. Salah satu atau keduanya dari katrol yang didukung, menggerakkan sabuk dan materi pada sabuk maju. Katrol powered disebut katrol drive sedangkan katrol unpowered disebut pemalas itu. Ada dua kelas industri utama konveyor sabuk, Mereka dalam penanganan material umum seperti yang bergerak di dalam kotak sepanjang pabrik, Belt Conveyor  merupakan alat angkut  dengan arah gerak mendatar atau miring, Frekuensi geraknya kontinyu dan digunakan untuk pelayanan tetap dari suatu tempat ke tempat yang lain.

4.2         Rangkaian Kontrol
Rangkaian Control berguna mengontrol atau mengendalikan jalannya motor-motor listrik dan Komponen - komponen utama dari rangkaian control conveyor adalah :

1.             Kontaktor
Kontaktor adalah sejenis saklar atau kontak yang bekerja dengan bantuan daya magnet listrik dan mampu melayani arus beban listrik yang relatif besar, Kontaktor dapat dioperasikan secara manual dengan sentuhan ringan melalui saklar tekan (push button) atau dioperasikan secara otomatis, dan Pada kontaktor terdapat dua macam kontak yaitu:
  1. Kontak utama untuk power (tenaga)
  2. Kontak bantu (auxiliary kontak) untuk rangkain control posisi kontak ada dua macam:
-          Normally Open (NO) yaitu kontak dalam keadaan normalnya terbuka
-          Normally Close (NC) yaitu kontak dalam keadaan normalnya tertutup

2.             Thermal Overload Relay
Thermal Overload relay (relay), bekerja berdasarkan daya panas. Bila arus mengalir melebihi batas yang di set pada relay maka akan terjadi panas, Panas ini akan memanaskan suatu bimetal dimana bimetal akan segera melengkung bila panas. Gerakan melengkung akan membuat kontak membuka
Masih Ada sambungan Download aja diatas Link Nya.


BAB V
PENUTUP

5.1       Kesimpulan
            Dari uraian sebelumnya yang membahas tentang sistem control conveyor Reclaming (54-JD3006 M s.d 3008 M), Setelah mempelajari maka ada beberapa kesimpulan yang dapat penulis simpulkan antara lain :
  1. Karena di tiap-tiap CSS pada motor masing-masing 54–JD 3006 s.d 3008 rangkaiannya harus terhubung sentral, maka ketiga motor tersebut dapat dijalankan secara otomatis. Apabila tidak terhubung rangkaian sentral maka motor tersebut harus dijalankan secara manual.
Masih Ada sambungan Download aja diatas Link Nya.

0 Response to "Laporan PKL Teknik Elektro"